Loading...

Selasa, 22 November 2016

Blog Dengan Domain Pribadi

Blog!?
Diari Maya
Catatan harian yang dipublikasikan dalam bentuk digital.
Begitulah pengertian awal bagiku. Pengertian yang kudapat dari media televisi sebelum mengenal internet. Sebelum tahun 2000, penggunaan komputer pun masih terbatas.

Namun sekarang, perubahan yang menghadirkan pemenuhan kebutuhan dalam bentuk digital. Pengertian blog ternyata ikut berubah.
Blog saat ini berarti suatu aplikasi dalam halaman web yang biasanya memuat tulisan- tulisan.

Blog yang kumiliki pertama kali adalah bloggaul. Yang merupakan representasi dari fansite AFI (Akademi Fantasi Indosiar). Sayang, bloggaul gulung tikar. Para blogger disarankan pindah ke web Lautan Indonesia. Begitu juga aku.
Mesin pencari yang biasa menjadi rujukan, google, memperkenalkanku pada web blog2  lain dengan tampilan -tampilan menarik. Wordpress, detik.com, kompasiana, vivalog sempat dijajal. Dan blogspot yang sekarang menjadi bagian dari google  merupakan pilihan favorit bagiku.

Lewat web blogger pula diriku mengenal istilah hosting dan domain. Isu mengenai pemblokiran situs seperti yang terjadi pada bloggaul membuatku panik. Bagaimana jika posting yang sudah susah payah kubuat menghilang begitu saja? Istilah hosting maupun domain menggelitik rasa penasaranku. Soalnya gambaran memiliki web pribadi yang tidak bakal terusik oleh proses gulung tikar web yang tengah kutempati. Gambaran sederhananya, rumah pribadi dengan rumah sewa lah.

Setiap kesempatan online, aku ngutak-atik simpanan alamat posting, yang aku tengarai dengan istilah  feed url. Layanan pembuatan domain dan hosting murah memang menggiurkan. Tetap, tidak ada yang gratis untuk mendapatkan rumah. Apalagi sebuah rumah pribadi, ya kan?
Masih ada keinginan untuk mendapatkan web dengan domain pribadi.  Nanti, jika sudah terbukti kegiatanku di dunia maya telah menuai rupiah.
Untuk saat ini, daku masih mengandalkan web gratisan. Tetap harus bikin perhitungan karena kegiatan online sama sekali tidak gratis. Perangkat digital tidak serta merta tersedia. Memerlukan finansial lumayan.
Keliatannya, Domainesia termasuk hosting domain murah. Bahkan hosting murah Indonesia. Rumah web hosting ini menawarkan  domain gratis saat lomba blog ini diadakan.

Karena sudah menjadi idaman dari mula ingin memiliki Web dengan domain pribadi. Tentu daku sudah membuat rencana masa depan untuk blog pribadiku. Selain  mengulas pemikiran- pemikiran. Blog itu untuk memperkenalkan produk lokal. Mengingat diriku sekarang tidak gampang terima suatu penawaran. Memerlukan seleksi khusus guna mempercayai sebuah produk. Maka bisa dipastikan diriku loyal terhadap suatu produk dan dengan senang hati menjadi brand ambassador sejati 👐

Domainesia ternyata merupakan salah satu produk lokal.  Sejak kenal web blogger telah mengenal rumah web hosting ini. Cara membuat blog bisa kupelajari dari sini. Meskipun aku memutuskan untuk membuat web secara gratisan terlebih dulu.
Begitupun cara membuat website, panduannya bisa kita dapatkan di halaman web Domainesia. Mudah dipelajari untuk kemudian langsung dapat dipratekkan.
Bagi mereka yang gaptek tak perlu risau sebab Domainesia menyiapkan tutor handal yang siap membantu.

Rasanya, membuat website sendiri bakal menjadi kenyataan dalam waktu dekat. Semoga! Mohon doanya...

Referensi :
*Wikipedia