Loading...

Sabtu, 29 Desember 2012

Bulan Shafar Dengan Kata Kunci Untuk Resolusi


Pinginnya bicara biasa seperti orang ngobrol, tapi penjelasan  hal yang saya anggap penting sulit sekali dituang dalam kata santai (ce ilee..) mending aku buat prolog untuk ngocol ^_^



Yup, Give away yang diadain mbak Windi yang aku kenal di salah satu grup menulis, Be A Writer  sebuah grup menulis yang dikomandani Bunda Leyla Hana bikin aku penasaran. Padahal aku belum kenal mbak Windi. Tapi, seperti yang pernah aku tulis dalam surat untuk sahabat BAW(ssst.. ini rahasia kita-kita y ^_^) bahwa jurus SKSD yang perlu dikeluarkan, maka serobot aja kesempatan lomba ini. Mulai dari ngintips blog, profil, sampai  sepak terjang mbk Windi di BAW aku meyakinkan diri kalau mbk Windi orangnya terbuka. Kalaupun dia masih nggak ngeh pada colekanku aku bisa mencubitnya biar mau tak mau menoleh padaku (apa-apaan inih?) o_0 Semoga kehamilannya sehat, lancar hingga kelahiran dan anaknya sholeh/sholehah ya mbak.. Terus, mbak Windi juga semakin murah hati berkenan memberikan hadiah utamanya padaku meski lebih ingin pemberian yang serupa sebagai seserahan @_@ ...



Selama ini, aku menjalani kehidupan layaknya air yang mengalir *sebentar!* bukankah sifatnya air tuh mengalir ?_? kan ada kalanya air terangkat ke atas hingga orang menyebutnya 'uap'. Bahkan ada yang meluncur ke atas menjadi air mancur. Kadang berinai membentuk hujan atau berbulir dalam tetesan embun. Terus, suatu keadaan menjadikan air itu beku  yang dinamai 'es' (eh) sebenarnya aku mau mbicarain apa, tho? mbahas air sampai beberapa larik? Ya.. maksudnya biar aku tidak melulu mengamati satu sisi satu kehidupan yang sempit bahkan lebih kuecil dari luasnya lubang jarum karena tidak mau melihat kenyataan tentang diri sendiri. Itulah yang ditengarai sebagai sifat picik. SEMOGA kita terhindar dari sifat sedemikian..

***



Seperti  image headerku di https://twitter.com/youandwed
Bahwa air adalah kumpulan tetesan.
Jadi
Nikmati dengan menyimpulkan
Jawaban
Bagaimana
Darimana
Mengapa




Next, sebelum kita ke pokok bahasa resolusi, mending kita mengetahui hasil apa sih yang kuraih berkat resolusi tersebut *( sengaja niruin kiat mbk Windi yang ngasih tau hadiahnya dulu baru syarat dan ketentuan lomba ^_*

  • * Hari-hari terakhir dalam artian baru saja beberapa hari yang lalu  aku menemukan sesuatu padahal sebelumnya aku tidak tahu mau nulis apa untuk ikut meramaikan evennya mbak Windi.
Dan sesuatu itu adalah pencerahan, pemikiran yang lebih terbuka, dan perubahan cara pandang sehingga aku merasa semuanya  menjadi terlihat lebih baik. Momen inilah yang aku jadikan ujung tombak langkahku ke depan agar lebih baik. Perubahan itu berpengaruh pada tulisanku yang aku tuangkan di blog. Jadi, berikutnya aku bukan hanya sekedar mencoba namun mengupayakan learning by doing.
  • ** Kalau biasanya aku menyelesaikan satu tulisan sampai berminggu sampai hitungan bulan.
Itupun aku mentargetkan tulisan harus jadi karena mengejar deadline >_< .. kemarin, dalam lomba SEO Gofress... baru sekali itu aku bisa mengerjakan tulisan dan merampungkannya dalam waktu kurang dari sehari !_! Sehari, Bo'... Dan bagiku itu adalah pencapaian luar biasa... Alkhamdulillah
  • *** Semoga waktu ke depannya akan teraih pencapaian-pencapaian luar biasa lainnya..
Termasuk diantaranya, sudah menjadi ketetapanku dengan mempertahankan konfirmasi yang berisi peringatan pemberitahuan konten blogku  diperuntukkan bagi orang dewasa. Kalau sudah mengerti, silahkan melanjutkan !_!
^_^


Iyah
Bermula dari kiriman di BAW oleh Ibu Kepsek tentang lomba SEO. Bu Kepsek tengah meng-share blognya yang diikutkan lomba *(mungkin mbak Windi bisa menelusurinya jika ada waktu) Aku pernah ikutan lomba sejenis, yang pake sistem SEO. Awalnya ilfeel,  namun  hadiahnya bikin aku berubah pikiran.Nah, aku mulai mengusik para seniorku. Tepatnya dua seniorku Bunda Leyla dan bunda Ade Anita  yang telah bikin blog untuk lomba tersebut dengan mempermasalahkan ketentuan lomba. Aku melakukannya biar dapat gambaran jelas mengenai lomba yang ingin aku ikuti. Dan aku terpaku pada kata kunci. Aku rada bingung memberi penjelasan tentang apa yang aku pikirkan dalam memahami kata kunci itu.

 Kalau diartikan dalam makna yang sebenarnya, kunci itu pembuka. Ini sehubungan dengan kecenderunganku menggunakan bahasa yang singkat, mangkanya aku agak kesulitan menulis panjang. Mentog! Aku seperti tersindir dengan digunakannya pada lomba tersebut. Nah, aku harus cari tahu soal kata kunci itu seperti halnya  kunci ini  untuk pintu yang mana atau penggunaan password untuk membuka situs pribadi yang ini atau yang itu.
Satu tamparan tentang kata kunci. Kalau aku sering menggunakan kata isyarat hingga bikin orang lain bingung mengartikan, gantian aku yang bingung mengartikan penggunaan kata kunci yang harus kuartikan.

Coba searching ke kamus wikipedia bahasa Indonesia tentang pengertian SEO.


->->->->->->

Menulis dan menulis adalah aktivitas pilihan meniti waktu.
Apa  itu Resolusi?

 Menurut artikata.com

 Resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan  suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu -- yg akan diajukan kpd pemerintah.

Galau juga dengan makna resolusi karena dalam bahasan disini, resolusi adalah pencapaian berupa poin atau target  bagi seseorang. 

Dari tahun ke tahun aku hanya menjalani kehidupanku sebagaimana adanya meski tak dapat dipungkiri bahwa sering watak manusia yang merasa kurang terhadap apa yang dimiliki membuat gejolak di hati ingin sesuatu yang lebih. Hal tersebut yang membuatku ingin memberontak dari hidup yang monoton. Hanya ingin! tanpa perencanaan meski memperhitungkan kemungkinan sukses atau gagal. Coba-coba! Hanya kemauan untuk mencoba!

Berikut tiga resolusi  besar  tahun 1434  Hijriyah, 2013 Masehi.. Semoga bisa  diterapkan juga untuk tahun-tahun berikutnya. Sebut saja ‘Kata Kunci’ meraih kesuksesan di masa datang. Kata kunci yang didapat di bulan Shafar:
  • Memahami  Pengertian
  • Mengupayakan Usaha
  • Mendoakan Harapan 
Mari kita bahas lebih lanjut


  • Memahami pengertian


Ada nasehat bijak mengatakan  bila kau inginkan dunia maka carilah dengan ilmu. Jika kau inginkan akhirat maka carilah ilmu. Begitupun bila kau menginginkan dunia dan akhirat maka carilah ilmu.
Bukan pertanyaan kalau tidak ada jawaban dan menjadi masalah bila tidak tahu penyelesaiannya. Anggap saja pertanyaan sama dengan masalah.
Itulah.. mengapa kita butuh ilmu.. dan mengerti bahwa kita butuh ilmu untuk memahami.  Hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
Namun tidak semua memahaminya  atau mempunyai pengertian berbeda tentang sesuatu. Dari sinilah saya  mulai melangkah.. bukan hanya langkah dalam arti sebenarnya  tapi juga arti dalam mengambil langkah lebih  untuk memahami sesuatu.
Ya, lebih banyak memahami sesuatu !
kata bijak bukan salah masalah tapi salah dalam menghadapi masalah. Persoalan akan bertambah, maka jangan menghindari masalah karena akan menambah masalah yang baru. Maka diperlukan ilmu untuk menghadapinya.
Mengubah cara pandang kita tentang  masalah !
Bahwa masalah adalah salah satu jalan untuk mendapatkan ilmu hingga kita mampu memahami sesuatu.
Jadikan kesabaran sebagai penentu atas kegagalan menghadapi masalah karena ALLAH tidak akan memberikan beban (masalah) diluar kemampuan kita. Anggap saja belum waktunya masalah terselesaikan atau karena kita belum menemukan jawaban atas persoalan yang dihadapi.  Yup, berarti harus lebih banyak belajar lagi ^_^
Kita mencari peluang bukan masalah. Maka jangan cari masalah karena masalah bukan untuk dicari namun untuk dihadapi.

   
  • Mengupayakan usaha

Jangan coba-coba!
Jargon salah satu reality show pencarian bakat tahun 2006. Dimana stasiun TV yang menyiarkannya menginginkan para pesertanya benar-benar mumpuni sebagai entertainer. Mungkin sebagai sanggahan tentang artis binaaannya itu dibilang ‘bintang karbitan’ padahal peserta yang lolos seleksi telah mengalami pahit getirnya merintis pilihan sebagai entertainer. Mungkin mereka berhasil, karena reality show yang digelar berikutnya, artis papan atas dulunya yang jelas-jelas mengolok-olok akhirnya ikut ambil bagian dalam acara yang sejenis.

Yah, kalau tidak mencoba, kapan kita mulai melakukan sesuatu?
Ehm, bagaimana melakukan sesuatu kalau kita tidak tahu?
Tahu?  Tahu (: baca tau! Dalam artian mengerti bukan tahu, jenis pangan produk dari kedelai) Tau sesuatu adalah karunia. Itulah peluang! Get it! Mumpung ada kesempatan di depan mata maka ambillah! Berarti kita telah merintis sesuatu dan jangan pernah berhenti untuk terus mencari 'tau'.

Memangnya kamu dapat apa kalau melakukan itu?
Kadang, orang jemu kita melakukan sesuatu hingga bertanya demikian. Sementara kita tidak mampu menjawabnya karena kita belum mendapatkan apapun yang dapat mereka lihat. Orang awam biasanya menilai sesuatu dari apa yang bisa dilihat oleh pandangan mata. Yang berwujud serupa materi, harta atau benda.
Maafkanlah atas ketidaktahuan mereka. Semoga mereka mendapat petunjuk. Karena ilmu memang begitu berharga dan jangan pernah melewatkannya!


Mungkin saat ini kita tidak mampu menunjukkan apa yang dapat dilihat. Jangan berhenti dan pantang menyerah dengan keyakinan bahwa ALLAH tidak menilai apa yang kita dapat namun memandang  niatan dan upaya kita meraihnya ^_^

Kan kita boleh berharap karena telah melakukan sesuatu. So, just to do something! ^_^
Lakukan sesuatu meski hanya selangkah... Tentu dengan langkah yang terarah dan telah tahu pasti konsekuensi dari langkah tersebut.


  • Mendoakan harapan

Manusia hanya punya kuasa usaha, ALLAH  Yang Maha Menentukan.
NAmun manusia punya senjata ampuh yakni doa lalu menyerahkan semua urusan kepada-NYA.  Yakinkan diri keputusan ALLAH yang terbaik dan memohon ke-ridhla-an karena jika tidak berkenan di hati berarti diri ini yang terbatas akal guna memahaminya.
***

Itulah resolusi untuk diriku!
Yang sampai sekarang karyaku belum satupun terbit di media manapun.
Masih sebatas lolos urusan administrasi.
Tulisan ini SEMOGA bisa menguatkanku dan siapapun yang membaca agar selalu pantang menyerah.. tetap berusaha...
Yakin pada saatnya kita akan memetik buah usaha kita...

Indahnya yang kudapatkan di awal tahun hijriyah. Sudah saatnya sebagai muslim memakai penanggalan hijriyah yang penuh makna. Hijrah yang berarti pindah menandai perpindahan dari hal yang buruk menuju hal yang baik, gelap menuju cahaya  merujuk pada sirah nabawiyah  dengan ditetapkannya kalender Islam di masa khalifah Umar Bin Khatab (*mohon dikoreksi bila salah) tahun yang dimulai ketika Rasulullah SAW bersama kaum Muhajjirin pindah dari Mekah ke Madinah.
Tahun hijriyah ini, tabir yang membelenggu diri  terbuka lebih lebar sehingga mampu merubah pandangan yang semula berpandangan sempit.  Seperti lubang cahaya setelah lorong yang panjang (nyontek ungkapan)  

Al Qur’an sebagai rujukan. Kitab berisi ayat-ayat ALLAH. Sumber dari segala ilmu. Banyak yang akan kita dapatkan saat mengkajinya.
Tiga hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan tiga kunci yang kita bicarakan adalah :
  • Ilmu *Dengan ilmu kita melakukan sesuatu. Pencapaian kita melakukan sesuatu untuk mendapat ilmu.  ALLAH menjanjikan bahwa barang siapa yang mencari ilmu maka dimudahkan jalan ke syurga.

  • Sabar *Dengan sabar kita mampu menanggung sesuatu. Sabar menjalani proses seperti halnya merentang waktu untuk menunggu malam sampai tiba pagi atau menjalani siang hingga saat sore. Emang bisa mengganti waktu malam dengan siang ? (*nantangin*)

  • Syukur *Dengan syukur kita  memaksimalkan sesuatu. ALLAH akan menambah nikmatnya bila kita mensyukuri-NYA. Mensyukuri apa yang ada sehingga tidak risau dengan kekurangan dan apa yang tidak diadapatkan.

Tapi


  • ·         Sombong karena awal kehancuran
  • ·         Putus asa jika tak ingin gagal
  • ·         Menyalahkan yang lain untuk memperbaiki diri diri sendiri

***

Tentang blog yang be recomended pilihanku tentu saja jenis blog yang berisi pengetahuan ke-Islam-an .. ya.. iyalah.. harus ituh !_!  yang biasanya di bertebaran di beranda FB becoz akunya lebih sering OL efbe ^_^


Berikutnya adalah blog yang berisi nasehat, untaian kata mutiara, juga kata-kata bijak biar bisa menggugah hati sekaligus belajar untuk lebih berani menunjuk kesalahan dan kekurangan diri sendiri lalu berusaha memperbaiki dan menjadikannya lebih baik.

Sudah Tahukah Anda
Kelebihan itu tidak akan ada tanpa kekurangan
I love Original Kawan imut kumpulan cerita Islami




Good Bye 2012, Say Hello to 2013”




SEMOGA tahun ini lebih baik dari tahun lalu..

 Aamin Ya RABB..



***

Ini Resolusiku, Share dong Resolusimu