Sabtu, 07 Januari 2023

Emas Seharga 80 Ribu?

 Kalau rejeki itu untukku pasti Allah akan karuniakan padaku...

Lantas apa yang Aku risaukan?

Iya?

Kalau Aku ternyata tidak rela dengan perniagaan tersebut???

Duh!


Image YunW*


Entah!

Sebenarnya Aku bodoh atau apa?

Sampai menghubung-hubungkan pemikiranku yang lamban dengan gejala disleksia masa kecilku.

Kan Aq hampir tidak ada masalah dengan membaca, membedakan huruf, mengeja, mengenal warna.

Mungkin sedikit masalah memahami maksud kata-kata? 

Sering terbalik atau membalik rangkaian kata?

Atau kalau ingin memilih kata kadang harus mengingat dulu?

Kadang blank soal perhitungan?

Sesekali harus jeda ketika mengenali bagian kanan apa kiri?


Surat Al-Baqarah Ayat 282

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ ۚ وَلْيَكْتُبْ بَيْنَكُمْ كَاتِبٌ بِالْعَدْلِ ۚ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ أَنْ يَكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللَّهُ ۚ فَلْيَكْتُبْ وَلْيُمْلِلِ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ وَلْيَتَّقِ اللَّهَ رَبَّهُ وَلَا يَبْخَسْ مِنْهُ شَيْئًا ۚ فَإِنْ كَانَ الَّذِي عَلَيْهِ الْحَقُّ سَفِيهًا أَوْ ضَعِيفًا أَوْ لَا يَسْتَطِيعُ أَنْ يُمِلَّ هُوَ فَلْيُمْلِلْ وَلِيُّهُ بِالْعَدْلِ ۚ وَاسْتَشْهِدُوا شَهِيدَيْنِ مِنْ رِجَالِكُمْ ۖ فَإِنْ لَمْ يَكُونَا رَجُلَيْنِ فَرَجُلٌ وَامْرَأَتَانِ مِمَّنْ تَرْضَوْنَ مِنَ الشُّهَدَاءِ أَنْ تَضِلَّ إِحْدَاهُمَا فَتُذَكِّرَ إِحْدَاهُمَا الْأُخْرَىٰ ۚ وَلَا يَأْبَ الشُّهَدَاءُ إِذَا مَا دُعُوا ۚ وَلَا تَسْأَمُوا أَنْ تَكْتُبُوهُ صَغِيرًا أَوْ كَبِيرًا إِلَىٰ أَجَلِهِ ۚ ذَٰلِكُمْ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ وَأَقْوَمُ لِلشَّهَادَةِ وَأَدْنَىٰ أَلَّا تَرْتَابُوا ۖ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً حَاضِرَةً تُدِيرُونَهَا بَيْنَكُمْ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَلَّا تَكْتُبُوهَا ۗ وَأَشْهِدُوا إِذَا تَبَايَعْتُمْ ۚ وَلَا يُضَارَّ كَاتِبٌ وَلَا شَهِيدٌ ۚ وَإِنْ تَفْعَلُوا فَإِنَّهُ فُسُوقٌ بِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ وَيُعَلِّمُكُمُ اللَّهُ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ



Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermu'amalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah mengajarkannya, meka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakkan (apa yang akan ditulis itu), dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janganlah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya. Jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya atau lemah (keadaannya) atau dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua oang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka yang seorang mengingatkannya. Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil; dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu, baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarnya. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah dan lebih menguatkan persaksian dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu. (Tulislah mu'amalahmu itu), kecuali jika mu'amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya. Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli; dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu

Menelisik kembali bila Aq mencoba memahami sesuatu memerlukan rentang waktu untuk menelaahnya. Tidak dalam tempo saat itu juga.

Dan saat memutuskan menjual anting yang hilang sebelah kemarin itu kurasa bukan dari hasil pemikiran yang matang.

Sampai sekarang masih dipikir-pikir lagi.

Sudah tau dari pengalaman menggadaikan kalung emas di Pegadaian Syariah.

Harga emas 

Kalung berliontin seharga kurleb 100ribu rupiah tergadai kurleb dua setengah juta.

Lalu berapa harga anting seharga 40ribu?

Tahun berapakah harga emas 0,5 gram dihargai 40ribu?

Dan ketika menerima uang sebesar 32ribu pada hari Rabu tanggal 05 Januari 2023 Aq terima begitu saja?

Padahal Aq mengira harga yang dimaksudkan itu 320 ribu. Secara Mas penjualnya sempat-sempatnya nanya apa Aq punya uang 20ribu.

Oh  My ALLAH!

Ok's sebelumnya memang Aq menanyakannya pada petugas di Pegadaian. Dan harganya diperkirakan kurang dari 50ribu jadi tidak bisa diproses. Karena nominal yang bisa diproses seharga 50ribu.

Tapi itu kan tulisan di kertas?

Lupa Aq tentang kapan surat pembelian itu dibuat.

Mungkin karena Aq merasa malu waktu dibilangin seperti itu. Sampai tidak sempat membela diri?

Sudah pesimis duluan. Justru yang Aq putuskan untuk tetap menjualnya karena sedang perlu uang. Bukan perhiasan!

Bayangin aja jarak tempuh Ampel-Solo dengan bus kota Solo -Semarang. Hitung ongkos per sekali perjalanan untuk bus Eksekutif bertarif 20 ribu dari Ampel ke Solo waktu berangkat.  Lalu bertarif 15ribu dari Solo ke Ampel untuk pulang. Pengalaman di hari pertama yang gagal mengambil jaminan gadai karena kurang komunikasi, uang 20ribu tidak dikasih kembalian sewaktu perjalanan pulang.

Demi waktu harga eksekutif jadilah daripada menunggu yang ekonomis tapi malah membuang waktu untuk menunggu.

Cukuplah untuk ongkos mengambil jaminan gadai berupa kalung liontin pemberian Ayah semasa Aq SMA.

Ups!?

Jadi tau kan Aq lulusan tahun berapa °_°

Memang!

Masalah tunggakan BPJS udah selesai tapi harga dari anting yang hilang sebelah itu???

Toko Emas Sinar Agung

di tempat yang sama dulu di Pasar Ampel. Sekarang berubah jadi->

Toko Emas Kutut

Tagline saja link-nya sekarang, ya kan?!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah perhatian untuk blog ini
Semoga Bermanfaat...
Terima kasih atas kunjungannnya...